Infolinks In Text Ads

Agar DiKelas Tidak Ngantuk ( Saat Belajar )

Oke Hari Ini saya akan Share bagaimana cara agar anda tidak ngantuk dikelas ^_^
Langsung aja yaa... :D

Mengantuk adalah hal yang lumrah dalam kehidupan, perasaan ingin tidur ini sangat wajar dalam kondisi tertentu. Namun perasaan mengantuk juga kadang mengganggu jika rasa ngantuk ini muncul disaat kita sedang beraktivitas atau saat sedang bekerja.

Kurang tidur seringkali dijadikan alasan mengantuk saat belajar. Tak sedikit dari Anda mencoba mengatasinya dengan secangkir kopi atau menenggak minuman penambah energi. Tetapi, tanpa disadari, minuman itu justru membuat Anda ketergantungan.

Minuman berkafein memang dapat mencegah rasa kantuk. Namun Anda patut mewaspadai efek sampingnya, mulai dari memangkas waktu tidur, mengganggu siklus dan menurunkan kualitas tidur Anda.


Bagaimana menghilangkan rasa kantuk tersebut saat di sekolah?
berikut Tips untuk menghilangkan rasa kantuk saat belajar di sekolah :

1. Berjemur beberapa menit di bawah terik matahari jika rasa ngantuk menyerang anda. Karena dengan menyengatkan badan di bawah terik matahari bisa menghilangka perasaan ingin tidur.

2. Melakukan aktivitas menggerakkan bada atau berolahraga ringan agar aliran darah berjalan dengan lancar. Karena aliran darah yang tidak beredar secara normal juga memicu rasa ngantuk itu muncul. Anda bisa berlari-lari kecil ditempat, atau mengayun-ayunkan tangan dan sebagainya.
3. berjalanlah. Jika rasa kantuk sudah menyerang, ada baiknya kita sedikit melemaskan otot dengan berjalan, baik itu hanya sekedar mengunjungi teman, ke toilet, atau sekedar mengambil air minum.
4. teh hijau. Kopi dan teh hijau adalah dua minuman yang sama-sama mengandung cafeine sehingga dapat mencegah rasa kantuk. Tapi dibandingkan dengan kopi, lebih disarankan meminum teh hijau karena teh hijau memiliki lebih banyak kandungan gizi dibandingkan kopi.
5. cuci muka. Cuci muka adalah salah satu cara untuk mengurangi rasa kantuk.
6. merapikan hal di sekitar kita. Pada saat rasa kantuk menyerang, mungkin sebaiknya kita mencari pekerjaan untuk mengusir rasa kantuk tersebut, seperti merapikan meja atau lemari. Selain itu kita juga akan merasakan kesegaran di pikiran kita.


7. Pilih cemilan yang sehat
Cemilan sehat dapat meningkatkan energi lebih lama, seperti:
- Kacang mentega pada kerupuk gandum atau batang seledri
- Yogurt dan segenggam kacang-kacangan atau buah segar
-  Baby carrots dengan saus krim keju rendah lemak.
8. Ngobrol dengan rekan kerja 
Jika Anda tidak konsentrasi, ngobrolah untuk membuat pikiran anda rileks sejenak. "Bicaralah dengan rekan kerja tentang pelajaran, Gosip, atau agama. Ini akan menjadi perangsang yang kuat untuk tidak kantu.
9. Tarik nafas dalam
Menarik nafas yang dalam dapat meningkatkan kadar oksigen darah dalam tubuh. Hal ini memperlambat detak jantung, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan sirkulasi, yang pada akhirnya membantu kinerja mental dan energi.
Ide dari latihan pernafasan adalah untuk menghirup udara ke perut, bukan dada. Anda dapat melakukannya di meja Anda. Duduk tegak, cobalah latihan ini sampai 10 kali :
* Dengan satu tangan di perut Anda tepat di bawah tulang rusuk dan yang lainnya di dada Anda, tarik napas dalam melalui hidung Anda dan biarkan perut Anda mendorong tangan Anda keluar. Dada Anda tidak boleh bergerak.
* Tarik napas melalui bibir seolah-olah Anda bersiul. Anda dapat menggunakan tangan di perut Anda untuk membantu mendorong udara keluar.

Teknik lain disebut merangsang napas, digunakan dalam yoga untuk meningkatkan energi dan meningkatkan kewaspadaan. Caranya : Tarik dan hembuskan napas secara cepat cepat melalui hidung. Mulut Anda tetap tertutup tapi santai. Lakukan teknik napas ini dengan tempo singkat, yakni tiga kali dari setiap siklus dalam satu detik. Lalu setelahnya, bernapaslah dengan normal. Anda dapat melakukannya sampai 15 detik untuk pertama kali dan untuk berikutnya tambahkan lima detik setiap kali melakukannya hingga mencapai satu menit.


10. 
Olahraga
Hasil analisis 70 penelitian pada 2006 yang melibatkan lebih dari 6.800 orang, para ahli dari Universitas Georgia menemukan, olahraga lebih efektif meningkatkan energi dan mengurangi kelelahan di siang hari daripada mengonsumsi obat. Olahraga teratur juga meningkatkan kualitas tidur.

Cobalah berolahraga selama 30 menit sehari. Jika Anda memutuskan berlatih keras dalam beberapa hari, kemungkinan tingkat energi Anda akan menurun dan baru pulih dalam beberapa jam kemudian. Konsumsilah makanan yang mengandung protein dan karbohidrat dalam waktu dua jam setelah latihan berat untuk mengganti hilangnya energi di awal latihan. Pastikan untuk menyelesaikan latihan beberapa jam sebelum waktu tidur sehingga Anda mengantuk saat mencoba tidur.


Semoga Bermanfaat Ya Kawan ^_^
Kunjungi Terus Blog Saya ^_^

2 comments: